Segmentasi Pasar & Positioning

Posted: Juni 10, 2011 in Uncategorized

Segmentasi Pasar
Sebelum kita masuk pada pertanyaan mengapa ada perusahaan yg kesulitan melakukan segmentasi, kita pahami dulu arti dari segmentasi. Segmentasi menurut marketing adalah penentuan dan rencana “target” pasar dari produk yang kita jual. Segmentasi pasar merupakan proses membagi pasar kedalam kelompok-kelompok pasar yang mempunyai perilaku sama atau kebutuhan yang serupa.
Mengapa ada perusahaan yang sulit melakukan segmentasi untuk produknya?
Karena perilaku pasar yang sangat heterogen dan cepat berubah maka perusahaan perlu sacara cepat dan tetap mengikuti perubahan pasar, namun jika modal perusahaan sangat kecil maka akan sulit untuk melakukan segmentasi untuk produknya dikarenakan :
1. Biaya produksi akan lebih besar, karena berproduksi pada waktu yang lebih pendek.
2. Biaya penelitian akan menjadi lebih besar, karena adanya kebutuhan akan meneliti segmen-segmen yang lebih banyak.
3. Pencakupan pasar (market coverage) kemungkinan menghasilkan kanibalisme dimana suatu produk mencuri penjualan produk lain pada perusahaan yang sama.
Perusahaan hanya menawarkan satu produk untuk seluruh pasar. Semua orang dianggap memiliki kebutuhan yang sama untuk produk tertentu. Pasar yang heterogen tidak diperhatikan, pemasar mencoba mengarahkan agar pasar itu homogen. karena pasar sifatnya sangat heterogen, maka akan sulit bagi produsen untuk melayaninya. Oleh karenanya pemasar harus memilih segmen-segmen tertentu saja dan meninggalkan bagian pasar lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu adalah bagian yang homogen yang memiliki ciri-ciri yang sama dan cocok dengan kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan-tuntutannya. Jadi perusahaan yang menyesuaikan pasar bukan sebaliknya.
Jika Pemasar yang mencoba mengarahkan dan tidak mencoba berinovasi serta melihat perubahan perilaku pasar, maka perusahaan tersebut akan kesulitan untuk melakukan segmentasi untuk produknya karena Segmentasi pasar ini merupakan suatu falsafah yang berorientasi pada konsumen. Falsafah ini menunjukan usaha untuk meningkatkan ketepatan penetapan sasaran dari suatu perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang masih berfikiran konvensional, yang menganggap bahwa pasar itu satu dan tetap. Tanpa segmentasi maka produk akan biasa dan akan sulit untuk meningkatkan penjualan.

Positioning.
Menurut Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”. Maknanya, mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai. Dengan kata lain positioning adalah suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya.
Atau bisa diartikan tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.
Cari Positioning pada suatu perusahaan/produk :
1. Teh botol Sosro “ Apapun makannya minumnya teh botol sosro”.
Perusahaan teh botol sosro memposisikan diri sebagai untuk minuman yang cocok untuk teman makan sehari-hari.
2. Kartu simpati dari telkomsel “jangkauan terluas”. Telkomsel telah memposisikan diri sebagai operator seluler yang mempunyai jangkauan terluas dan fitur yang lengkap. Dalam hal ini kebutuhan-kebutuhan para eksekutif muda dalam dunia telekomunikasi dan bisnis menjadi lebih lancar jika menggunakan kartu Simpati dari Telkomsel. Dan walaupun dengan tariff yang mahal telkomsel sudah menempatkan diri dengan mantap dan mempunyai pelanggan tetap.
3. Air minum kemasan Aqua memiliki positioning yang baik yakni jika anda ingin minum air sehat, sayang (perhatian) dengan keluarga maka minumlah Aqua karena telah diproses 27 kali secara sistem komputer. Iklan ini melekat dibenak pelanggan. Sehingga walaupun banyak pesaing yang harganya lebih murah, konsumen tetap saja membeli Aqua.
4. Sabun Lux diposisikan dan memposisikan diri sebagai sabun kecantikan, sabunnya para bintang, hampir disetiap iklannya kita akan melihat bintang-bintang cantik Indonesia seperti Ida Iasha, Desy Ratnasary, Tamara blezinsky, Dian sastro,Luna Maya atau Mariana Renata. Konsumen wanita yang ingin tampil cantik seperti mereka tentu akan menggunakan sabun Lux sebagai sabunnya sehari-hari.
5. Pertarungan Pepsi dan Coca-cola. Coca-cola memposisikan dirinya sebagai “The real thing” cola atau Coca-cola yang asli dan original, Pepsi pun membalas dengan memposisikan dirinya sebagai “The next Genereation” karena mengangap coca-cola sudah terlalu tua karena berumur lebih dari 110 tahun.
6. Adapun Daerah yang sudah memiliki Positioning yang baik pasti memiliki diferensiasi misalnya : Singapore Positioning-nya uniqely singapore, yogyakarta Positioning-nya Never ending ASIA, Malayasia Positioning-nya the Truly Asia.

Dari Penjelasan diatas Segmentasi Pasar sangat erat hubungannya dengan Positioning. Sebelum dapat melakukan Positioning produk kita harus menentukan dahulu pasar mana yang akan kita tuju (Segmentasi Pasar).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s